ARIZONA International Language College (ILC) - Email: arizona.parepare@gmail.com

Selasa, 01 Maret 2011

5 Kesalahan Terbesar Dalam Belajar Bahasa Inggris

0

Merasa kesulitan dalam belajar bahasa Inggris? Jika pengen gampang, ketahui dulu apa kesalahan2 umum yang biasa dilakukan. Juga apa perbaikan apa yang bisa dilakukan supaya bisa belajar dengan mudah dan tepat sasaran.Simak 5 kesalahan terbesar dalam belajar Bahasa Inggris.
1. Fokus Pada Grammar (Tata Bahasa) Saja
Ini adalah kesalahan paling umum. Riset menunjukkan bahwa fokus pada tata bahasa malah merusak kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Karena tata bahasanya begitu rumit untuk dihapalkan. Ada 18 tenses dalam bahasa Inggris, dan sangat membingungkan kapan membedakan penggunaan antara satu dan yang lain. Padahal, percakapan harian sangat cepat. Anda harus merespon dengan cepat. Waktu anda terlalu singkat untuk mengingat, memilah ratusan hingga ribuan aturan grammar, untuk kemudian menggunakannya. Terlalu lama memikirkan grammar, terlihat seperti orang bloon.Yang bisa anda lakukan adalah belajar secara perlahan seperti anak-anak. Anak orang Inggris juga tidak dikenalkan grammar pada awal belajar. Yang dilakukan adalah belajar secara perlahan dengan learning by doing. Mereka mendengar dari lingkungan sekitar, mempraktekkannya, dan berani menerima koreksi. Dengan begitu, otak mereka selalu belajar secara perlahan.
2. Mencoba untuk selalu sempurnaPengajar dan siswanya sering fokus pada kesalahan2. Mengkhawatirkan kesalahan. Mencari kesalahan dan menghindarinya. Selalu mencoba berbicara secara sempurna. Padahal, tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Allah SWT. Pembicara asli saja melakukan kesalahan, apalagi kita yang mempelajarinya sebagai bahasa kedua.
Daripada fokus pada kesempurnaan, mendingan fokus pada penyampaian ide, pendapat dan keinginan supaya mudah dipahami. Ubah tujuan anda dari "sempurna" menjadi "mudah dipahami". Fokus pada komunikasi adalah pikiran positif yang akan mengurangi tingkat kesalahan anda dari waktu ke waktu.
3. Belajar Hanya Dari Buku Ajar (Text Book)Sangat disayangkan para pelajar hanya mempelajari bahasa ini di sekolah saja dan melalui buku ajar saja. Padahal, banyak dari native speaker (pembicara asli) tidak menggunakan bahasa2 baku dalam buku teks. Begitu juga situasi2 dalam buku teks juga terbatas untuk dipraktekkan dalam kondisi sebenarnya.
Ketika berkomunikasi pada teman sekantor, keluarga dan teman, para pembicara asli menggunakan bahasa informal, phrasal verbs dan bercampur prokem (ato bahasa gaul / slang). Bukankah kita juga begitu ketika berbicara dgn bahasa Indonesia?
Jadi, belajar lah mengenal bahasa komunikasi yang dipakai sehari2 daripada terpaku pada buku teks. Buku teks bisa dijadikan pendamping belajar.
3. Memaksa/Terpaksa Berbicara
Para guru dan siswa yang belajar bahasa Inggris mencoba untuk berbicara walaupun siswanya masih belum siap. Hasilnya adalah kebanyakan siswa tersebut berbicara bahasa Inggris dengan sangat perlahan dan tidak percaya diri. Tentu saja, tidak fasih (fluent).
Harusnya banyak2 mendengar dan membiasakan. Ketika anda sudah terbiasa mendengar, maka kepercayaan anda akan meningkat dan ada referensi bagaimana mengucapkan sebuah kalimat ato mengutarakan keinginan/pendapat. Saat itulah anda bisa mulai berbicara.
5. Bergantung pada Sekolah
Para siswa benar2 menggantungkan pengembangan kemampuannya pada sekolah. Mereka berpikir guru dan sekolah adalah penentu kesuksesan mereka. Ini tidak benar. Tentu saja, anda adalah penentu kesuksessan anda sendiri. Anda lah yang bertanggung jawab pada pengembangan kemampuan berbahasa anda sendiri.
Yang bisa anda lakukan adalah menemukan cara dan materi yang tepat bagi anda sendiri. Anda yang tau apa yang anda butuhkan. Belajar mendengar dan membaca berita dan artikel akan meningkatkan kemampuan anda. Anda harus berpikiran positif bahwa anda bisa dan selalu bersemangat. Tentu saja, jika anda punya guru yang baik akan lebih memudahkan anda.
Setelah anda tahu apa kesalahan2 umum yang biasa dilakukan, harapannya anda bisa menghindarinya. Mengkoreksi cara berpikir dan belajar lebih baik lagi. Mudah2an cara ini bisa lebih efektif dan anda bisa menikmati ini. Sehingga, kemampuan berbicara dan mendengar jadi lebih baik. Siapa bilang bahasa Inggris itu susah? Semoga Bermanfaat.


Mr. Landax

0 komentar:

Posting Komentar

Banner Maker