Bahasa Inggris telah menjadi salah satu bahasa penting dalam kehidupan kita pada saat ini. Namun seiring dengan kebutuhan tersebut, ternyata sistem pendidikan konvensional yang ada saat ini dengan metode kegiatan belajar dan mengajar di dalam kelas tidak cukup untuk membangun kemampuan berbahasa Inggris para peserta didik dan malah menjadikan pelajaran ini sebagai momok. Untuk itu kemudian banyak orang yang mencoba membangun kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan belajar di tempat-tempat penyelenggara kursus bahasa Inggris. Tetapi, kenyataannya proses belajar mengajar tersebut membutuhkan proses dan waktu yang lama, untuk menstimulasi para siswa untuk membangun kultur berbahasa Inggris.
Berdasarkan atas Kondisi realistis dalam masyarakat yang telah menjalani pedidikan Bahasa Inggris lewat jalur pendidikan umum, maupun lembaga-kursus yang menerapkan metode kelas pertemuan yang singkat, maka kami coba mengembangkan metode pengajaran Berbahasa Inggris yang lebih inovatif, yaitu perkampungan Bahasa Inggris yang kami namakan “SUPER ENGLISH CAMP”. Program ini yang kondisinya dibentuk sebuah perkampungan Bahasa Inggris mampu mengakselerasi dan menstimulasi para siswa bukan hanya bisa berbahasa tapi cinta dan senang berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, dengan memberikan suguhan suasana lingkungan dan Suasana belajar yang lebih aplikatif dan implementatif, serta program-program yang bersifat komunikatif, sehingga peserta dapat mengimplemen-tasikan Bahasa Inggris yang dipelajari secara langsung tanpa mengabaikan sisi spiritual sebagai standar nilai dasar dalam menciptakan komunitas yang paripurna. Pada akhirnya “English with Fun” tidak hanya menjadi sebuah slogan belaka, tetapi secara nyata menjadi satu bangunan kultur yang utuh dalam perkampungan Bahasa inggris tersebut.
TUJUAN
Kegiatan SUPER ENGLISH CAMP ini bertujuan sbb:
Program kami paling tidak memiliki tujuaan umum dan khusus.
I. Tujuan Umum
Guna Meningkatkan Kompetensi dan kemampuan SDM sebagai aset mase depan menuju pentas global.
II.Tujuan Khusus.
Guna Menyiapkan SDM yang profesional dan kompeten sebagai salah satu prasyarat dan modal mendasar untuk tampil dan maju terdepan.
PELAKSANAAN
A. Waktu Dan Tempat.
Kegiatan ini di selenggarakan selama ± 10 - 15 hari dengan mengasramakan peserta dalam lingkungan komunitas berbahasa Inggris.
Tempat Penyelenggaraan Kegiatan ini dilaksanakan di luar sekolah jam sekolah yang dinominasikan representatif untuk bisa belajar efektif.
B. Peserta.
Peserta Super english camp, Pengembangan, Pembinaan dan Pelatihan Bahasa Inggris berasal dari kalangan umum, mahasiswa, dan juga pelajar yang berjumlah ± 20 - 50 Orang pada tiap angkatan/periode yang merupakan perwakilan dari tiap kelas yang disesuaikan dengan program keahlian peserta/ siswa yang bersangkutan.
FASILITATOR
Yang Menjadi Fasilitator Dalam Kegiatan Super English Camp, Pengembangan, Pembinaan dan Pelatihan Bahasa Inggris (English Training) Tentor/Instruktur freelance yang berpengalaman dalam perkampungan bahasa Inggris yang direkrut dari Kampus/lembaga kemahasiswaan. Yang biasa merupakan alumni yang direkrut oleh pengurus ARIZONA ILC Parepare.
STRUKTUR PROGRAM
Struktur Program Super English Camp yaitu: Pengembangan, Pembinaan dan Pelatihan Bahasa Inggris, pelatihan ini disesuaikan dengan kemampuan peserta dengan difokuskan pada kemahiran speaking dan grammar sebagai tolak ukur mendasar.
Deskripsi Materi dan Program
Adapun program yang ditawarkan selama training terdiri dari materi umum dan materi plus yang diramu dalam berbagai kegiatan sbb:
1. TEACHING
Adalah kegiatan pembelajaran kelas dengan menyuguhkan materi-materi grammar, atau pembenahan struktur tata bahasa Inggris. Tujuan dari penyajian materi ini adalah agar peserta didik tahu mengenai bentuk-bentuk tenses dasar bagi mereka yang kemampuan berbahasa inggrisnya masih lemah dan pemantapan bagi mereka yang telah mempunyai kemampuan berbahasa inggris secara baik. Materi teaching disampaikan oleh Instruktur dan didampingi oleh koordinator program. Durasi waktu untuk kegiatan ini 2 x 45 menit.
2. PREACHING
Merupakan kegiatan ceramah keagamaan, diadakan setiap pagi hari setelah melaksanakan sholat subuh secara berjamaah. Ceramah ini disampaikan oleh peserta perkampungan dengan menggunakan bahasa inggris. Program ini didampingi oleh koordinator Program/instruktur. Durasi waktu yang diberikan untuk program ini 1 x 45 menit.
3. DISCUSSION / TALK SHOW.
Adalah program diskusi yang menyajikan tema-tema yang begitu dekat dengan fenomena kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik dapat memahami topik pembicaraan, dan juga dengan mudah mencerna diskusi yang disajikan sehingga para peserta dapat terlibat aktif dalam diskusi tersebut. Diskusi dipandu oleh seorang instruktur yang dimodifikasi dalam beberapa metode misalnya dalam bentuk talkshow, atau talklive. Durasi waktu untuk kegiatan ini adalah 2 x 45 menit.
4. PROFESSIONAL MEETING
Adalah pengenalan jenis pertemuan formal, dengan mempraktekkan pertemuan formal tersebut dan juga melibatkan peserta secara langsung, misalnya dengan menjadi Master Of Ceremony (MC), Pembicara untuk opening ceremony, dan juga pembicara untuk closing ceremony. Durasi untuk kegiatan ini adalah 2 x 45 menit
5. FREE TALKING/CHATTING
Kegiatan ini merupakan kegiatan komunikasi antar sesama peserta secara berpasangan, dengan topik yang telah ditentukan oleh instruktur, para peserta bebas berbicara dengan pasangannya, dengan menggunakan bahasa inggris. Instruktur mempunyai peran untuk mengawasi jalannya percakapan antara peserta, dan membantu peserta jika ada peserta yang mengalami kesulitan kosa kata. Durasi waktu yang diberikan 1 x 45 menit.
6. SEMINAR
Program ini ditujukan bagi peningkatan kemampuan peserta yang telah ditunjuk sebelumya sebagai pembicara dalam menyajikan suatu topik yang menarik untuk didiskusikan oleh peserta secara keseluruhan. Program ini tidak jauh beda dengan program diskusi. Peserta yang ditunjuk sebagai pembicara diharuskan membuat tulisan yang dalam bahasa inggris yang dipandu oleh tutornya masing-masing. Semua peserta mendapat giliran sebagai pembicara. Intinya adalah memprovokasi peserta menyampaikan pendapat dan opininya dalam bahasa Inggris. Durasi waktu yang diberikan 2 x 45 menit (dibagi dalam dua sesi).
7. DEBATE
Adalah kegiatan membangun dan mempertahankan argumentasi, atas pernyataan yang diberikan terhadap topik yang diberikan oleh instruktur. Memperkenalkan metode-metode debat internasional. Durasi 2 x 45 menit.
8. SPEAKING POWER
Adalah program pidato yang disampaikan oleh setiap peserta. Yang dijadikan sebagai tolak ukur bagi peningkatan kosakata (vocabulary). Instruktur memacu kemampuan peserta dalam menggunakan kosakata yang telah dihafal sebelumnya dengan memberikan standar waktu bagi peserta untuk melakukan pidato. Peserta dibagi dalam kelompok kecil (maksimal 5 orang) yang kemudian masing-masing kelompok di pandu oleh instruktur.
9. IMPROVISATION.
Adalah kegiatan membangun dan pengembangan diri dalam entitas keseharian, atas peranan yang diberikan terhadap topik yang diberikan oleh instruktur dalam bentuk intreaksi individu maupun kelompok. Memperkenalkan peranan adan fungsi dalam suatu komunitas. Durasi 1 x 45 menit
10. ENGLISH SKILL ( Listening, Reading, Writing).
Adalah kegiatan pendalaman kecakapan bahasa inggris yang banyak diarahkan pada pola dan setting speaking dalam fomat terkini sebagai alat stimulasi dan ekselerasi yang terukur, untuk memperkenalkan metode skill dasar dan media pembelajaran bahasa inggris yang up to date. Durasi waktu 1 x 45 menit.
11. SPORT
Adalah kegiatan olah raga yang di lakukan pada pagi hari, dengan menggunakan instruksi-instruksi berbahasa inggris, sehingga peserta dapat mengenal dan mengetahui ragam instruksi dalam olah raga maupun kegiatan baris-berbaris. Kegiatan ini dipandu oleh instruktur, durasi waktu 1 x 45 menit
12. GAMES
Adalah pola permainan yang menghibur dengan muatan edukatif, yang melibatkan peserta. Games yang diadakan berkaitan dengan daya penalaran, dan penguasaan kosakata, sehingga membantu peserta membangun daya ingat dan juga berfungsi sebagai penyegaran bagi peserta. Games dipandu oleh instruktur dengan durasi waktu 2 x 45 menit (dikondisikan).
14 PASSWORD
Adalah kata sandi yang disebutkan sebagai kata kunci (kosakata) sebelum makan pagi, makan siang, makan malam, dan sebelum tidur. Tujuannya adalah agar para peserta dapat menambah perbendaharaan kosa kata bahasa inggris mereka. Instruktur dan panitia berperan dalam memberikan pengawasan. Durasi waktu 1 x 15 menit
13. STORY BUILDING.
Adalah kegiatan peserta dalam membangun kemampuan berbicara dan bercerita mengenai pengalaman dengan menggunakan bahasa inggris. Metode yang di gunakan adalah dengan membuat kelompok kecil dan diadakan di luar ruangan (outdoor). Kegiatan ini mendapat bimbingan oleh tutor masing-masing kelompok. 1 x 45 meit.
14. CLASS INTERVIEW
Adalah tes wawancara bagi peserta pada awal pertemuan, ditujukan untuk mengklasifikasikan peserta mana yang sangat minim kemampuan bahasa inggrisnya, dan mana yang telah mempunyai kemampuan bahasa inggris yang lebih baik, agar penyampaian materi serta pendekatan yang digunakan oleh para instruktur tepat guna. 1 x 45 menit.
15. FIELD INTERVIEW
Merupakan bagian dari tes dalam berkomunikasi secara langsung kepada warga negara asing, maupun guru-guru bahasa inggris yang bekerja sama dengan Yayasan Phinisi untuk diwawancarai oleh peserta. Para instruktur membantu untuk memeberikan arahan mengenai siapa dan dimana yang menjadi obyek wawancara. Durasi waktu 2 x 60 menit.
16. DAILY EVALUATION
Merupakan evaluasi harian yang berkaitan dengan pelaksanaan program yang berlangsung dalam setiap harinya. Evaluasi ini berkaitan dengan perkembangan dan kemajuan dari setiap peserta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk kelompok-kelompok kecil yang dibimbing langsung oleh tutornya masing-masing. Durasi waktu 1 x 45 menit.
17. REPORTING
Program ini mengakomodir segala bentuk kritik dan saran dari setiap peserta dan juga koreksi instruktur terhadap peserta yang membuat pelanggaran-pelanggaran yang dilanjuti dengan pemberian sanksi-sanksi. Kegiatan ini dipandu oleh koordinator program. Durasi waktu 15 menit.
18. ENGLISH DRAMAPERFORMANCE.
Program ini diperuntukkan sebagai salah satu bentuk aktualisasi seni guna mengeksplorasi setiap bakat peserta yang harus dipentaskan dalam bentuk drama bahasa inggris pada akhir kegiatan yang dibimbing langsung oleh instruktur dengan mengangkat tema-tema sosial yang aktual dan bersifat hiburan dan tuntunan dengan durasi waktu 2 x 15 menit.
19. STORY TELLING.
Suatu Bentuk Kegiatan yang bermuara pada pengembangan dan kecakapan berbicara yang lebih difokuskan pada materi dan tema-tema sentral seputar kisah dan pengalaman pribadi peserta serta kisah sejarah yang monumental yang mereka kuasai sebagai salah satu bentuk aktualisasi pembelajaran tensis dan kecakapan menyimak. Yang dipandu oleh instruktur dengan durasi waktu 2 x 15 menit.
20. HIKING/SEARCHING.
Suatu Bentuk Kegiatan berkelompok yang bermuara pada pengembangan dan kecakapan menulis dan menerjemahkan yang lebih difokuskan pada materi dan tema-tema sentral yang merupakan artikel-artikel dan bacaan yang bersifat umum sebagai salah satu bentuk aktualisasi pembelajaran grammar dan kerjasama tim. Yang dipandu oleh instruktur dengan durasi waktu 2 x 15 menit.
21. OUT BOUND/TOURING
Suatu Bentuk Kegiatan berkelompok yang bermuara pada pengembangan dan kecakapan berbicara yang lebih difokuskan pada proses adaptasi dan membuka ruang komunikasi langsung dengan masyarkat umum dengan memilih tempat-tempat yang bisa dijadikan wadah yang representatif untuk memperaktekan bahasa inggris para peserta sekaligus melakukan kunjungan ketempat-tempat bersejarah sebagai salah satu bentuk aktualisasi pembelajaran grammar dan Menambah wawasan. Yang dipandu oleh instruktur dengan durasi waktu 4 x 60 menit.
STEPS OF LEARNING
Following the United Nation has made up in learning steps, Super english camp are leading into four Base Learning steps. They are:
1. Learning To Know
2. Learning To Do
3. Learning To Be
4. Learning To Live Together.
5. Mastery Learning, Spiritual, knowledge and life skill.
PENDANAAN
Adapun estimasi anggaran bagi setiap pelaksanaan training /perkampungan bahasa Inggris (Super english camp) didasarkan pada jumlah peserta dan dana yang diperoleh berasal dari donatur yang tidak mengikat, swadaya peserta, sumbangan alumni dan proposal,dengan rekapitulasi panggunaan dana untuk setiap peserta/per kepala dikalikan jumlah hari pelaksanaan training.
PENUTUP
Panduan Penyelengaraan Kegiatan ini adalah merupakan acuan dan Gambaran singkat Pelaksanaan Super english camp, Pengembangan, Pembinaan & Pelatihan Bahasa Inggris, yang diharapkan mampu memberikan gambaran umum tentang petunjuk teknis dan sistematika kegiatan ini kepada seluruh pihak yang berkompeten sehingga diharapkan mampu memberikan sumbangsih serta konstribusi yang bersifat pengembangan guna kelancaran dan tercapainya target program tersebut.
Panduan Penyelengaraan Kegiatan ini adalah merupakan acuan dan Gambaran singkat Pelaksanaan Super english camp, Pengembangan, Pembinaan & Pelatihan Bahasa Inggris, yang diharapkan mampu memberikan gambaran umum tentang petunjuk teknis dan sistematika kegiatan ini kepada seluruh pihak yang berkompeten sehingga diharapkan mampu memberikan sumbangsih serta konstribusi yang bersifat pengembangan guna kelancaran dan tercapainya target program tersebut.
Demikianlah Panduan Kegaiatan ini, Semoga Bisa menjadi bahan acuan dalam penyelenggaraan kegiatan SUPER ENGLISH CAMP, Pengembangan, Pembinaan & Pelatihan Bahasa Inggris. (adapted: englishzone.blogspot.com)
Mr.Landax
0 komentar:
Posting Komentar